Kamis, 15 Oktober 2009

Cara Membuat Blog versi Mobile dengan Mofuse

Dunia Internet sekarang sudah semakin berkembang, tidak hanya bisa di akses malalui PC atau jaringan komputer, tapi internet juga sudah bisa di akses melalui Handphone atau telepon genggam biasa disebut HP, oleh sebab itu maka para Master blogger dituntut untuk bisa meciptakan blog atau websitenya agar bisa ditampilkan dengan baik dan cepat dengan menggunakan handpon atau HP. Trend terbaru menunjukkan bahwa mengakses internet via handphone makin meningkat. Apalagi dengan makin murahnya tarif akses internet seperti tarif akses internet melalui Indosat hanya Rp. 1 /Kb dan teknologi handphone yang terus berkembang dengan feature versi baru bahkan sudah dilengkapi dengan wi-fi.
Pada kesempatan postingan kali ini saya akan mencoba berbagi informasi cara membuat blog kita bisa diakses dengan mudah menggunakan handphone. Walau sebenarnya dengan browser bawaan handphone ataupun dengan browser yang dipasang kemudian seperti Opera Mini blog/website bisa kita akses. Namun terkadang tampilan blog kita yang cantik dan penuh dengan aksesoris membuat lamannya susah diakses dan ditampilkan dengan baik, serta memakan kapasitas yang besar untuk ditampilkan melalui handphone. dengan membuat blog versi mobile kita bisa mengurangi proses download halaman blog karena dengan versi mobile lebih sederhana dan mudah serta cepat. Kali ini saya akan coba membahas Bagaimana membuat tampilan blog kita bisa ditampilkan melalui handpon dengan versi mobile, dan diantara banyak cara yang dapat kita lakukan yang mudah dan telah saya coba adalah dengan menggunakan salah satu penyedia layanan konversi blog ke versi mobile adalah MoFuse.com.

Sekilas Tentanng Mofuse
Sumber : www.mofuse.com/about
MoFuse adalah jaringan yang berkembang paling pesat membangun situs mobile di dunia. MoFuse menyediakan sebuah platform yang memungkinkan bisnis, blogger dan web lain penerbit untuk menyediakan pengalaman mobile yang menarik pada setiap perangkat mobile. Handphone penerbit mendapatkan analisis tentang pemirsa, alat-alat untuk mempromosikan situs mereka dan kesempatan untuk bergabung dengan jaringan ribuan situs mobile dilihat oleh jutaan pengguna web mobile. MoFuse berada di barisan terdepan mengintegrasikan web mobile dengan versi PC, ribuan blog dengan menawarkan sejumlah fitur seperti integratif sosial bookmark dan memberikan komentar. Saat ini Mofuse memiliki dua produk yang tersedia untuk umum. MoFuse untuk Blogs dan MoFuse Premium - produk bisnis. Mofuse menyediakan jalur pendapatan untuk bisnis dan penerbit ingin untuk memasuki saluran mobile dengan bermitra dengan pengiklan dan jaringan-jaringan iklan. Didirikan pada tahun 2007, MoFuse ini bermarkas di Providence, Rhode Island. Berikut cara mengkonversi blog ke versi mobile :
1. Silahkan buka alamat http://www.mofuse.com/
2. Buat account(free) dengan mengetikkan alamat email dan password
3. Setelah masuk, langsung saja klik menu Launch a Mobile Site
4. Silahkan isi data yang diperlukan.

Isi STEP 1

Site Name --> isi dengan judul atau title dari blog anda, ex: Simpang Sugiran
Site ID (URL) --> isi alamat dari blog anda, ex: ranggahadi
Category --> pilih category blog anda, ex: Technology

Isi STEP 2

RSS Feed Title
--> isi dng judul atau title dari blog anda, ex: Simpang Sugiran
RSS Feed URL --> isi dng alamat dari RSS Feed blog anda, ex: http://aplikasihape-gratis.blogspot.com/atom.xml
Centang atau ceklis option you've read and agree to our revenue sharing policy
Langkah selanjutnya Klick Tombol Lounch Your Mobile Site

5. Jika ada pop up windows muncul, tekan Skip saja dan setelah itu kembali ke menu utama dan klik blog yang baru saja dibuat tadi pada menu Your Mobile Site.
Di sebelah kanan terdapat menu-menu untuk mengatur blog mobile Anda. seperti menambahkan gambar pada header, warna layout, setting iPhone dll. Satu lagi.

silahkan klick link berikut untuk melihat blog saya yang sudah di konversi dengan mofuse dengan alamat linknya http://ranggahadi.mofuse.mobi


Berikut Catatan :
=> Untuk Anda yang mempunyai blog yang dihosting gratis di wordpress.com, blogger.com, multiply.com, atau blogdetik.com, Anda dapat menggunakan layanan gratis dari MoFuse. Mereka akan memberikan personal mobile website dengan alamat .mobi untuk Anda (contoh: http://ranggahadi.mofuse.mobi)


=> Sedangkan untuk Anda yang mempunyai blog dengan hostingan sendiri, khususnya menggunakan platform WordPress, Anda dapat menggunakan plugin WP-Mobile Editionfriendly dari blog Anda, jika pengunjung yang terdeteksi menggunakan browser mobile phone. yang secara otomatis akan mengirimkan versi mobile


Silahkan coba langkah diatas jika anda tertarik & mohon saran serta kritiknya..:))



0 komentar:

Posting Komentar